PAN Putuskan Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

PAN Putuskan Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

0

PAN resmi mengumumkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang akan diusung di Pilgub Jawa Timur. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dalam Pilgub Jatim 2018.

“PAN secara resmi mengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jawa Timur,” kata Eddy seperti dikutip dari DetikCom.

Dengan dukungan dari PAN, pasangan Khofifah-Emil ini mendapatkan dukungan dari tujuh partai. Sebelumnya, enam partai sudah menyatakan dukungan kepada pasangan ini, yakni Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), PPP (5 kursi), NasDem (4 kursi), Hanura (2 kursi), dan PKPI.

Dari keenam partai tersebut, Khofifah mendapatkan dukungan 35 kursi. Sehingga dukungan dari PAN ini membuat pasangan ini mendapatkan total 42 kursi.

Dengan dukungan parpol tersebut, Khofifah berencana mendaftar sebagai cagub Jatim pada Rabu (10/1) ke KPUD Jatim.

Sementara itu, pesaing di Pilgub Jatim lainnya, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul), sudah mendapatkan dukungan dari PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), dan PKS (6 kursi). PKS baru saja mengumumkan dukungannya terhadap Gus Ipul pada Selasa (9/1) ini.

PKS sendiri memutuskan mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim meski belum ada cawagubnya menyusul pengunduran diri Abdullah Azwar Anas. Partai pimpinan Sohibul Iman itu tidak menyetor nama wakil untuk disandingkan dengan Gus Ipul.

“Kita tidak menyetorkan nama cawagub. Kita serahkan ke Gus Ipul dan partai yang sudah berkomitmen (PKB dan PDI Perjuangan),” ujar Ketua DPW PKS Jatim Arif HS di sela acara deklarasi usulan dukungan untuk Gus Ipul di Surabaya, Selasa (9/1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.