OJEL: Inovasi Lapangan Pekerjaan dari T.Care di Tengah Pandemi

Pandemi di Indonesia memiliki dampak terbesar pada perekonomian masyarakat termasuk di dalamnya masalah ketenagakerjaan yang menyebabkan gelombang PHK naik signifikan. Bahkan sebanyak 25 juta pekerja diprediksi terancam kehilangan pekerjaan, terutama dari sektor pekerja bebas. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker) melaporkan tenaga kerja terdampak Covid-19 sekitar 3,05 juta orang (per 2 Juni 2020) dan memperkirakan tambahan pengangguran bisa mencapai 5,23 juta (Tempo, 2020).

Melihat situasi ini, Tunasmuda Care (T.Care) meluncurkan program Ojek Jelantah atau dikenal sebagai ‘OJEL’. Harapannya dengan program Ojel ini, dapat membuka lapangan pekerjaan di tengah masalah pandemi sekaligus menjadi penggerak dalam menangani limbah jelantah, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Program Ojel ini mulai dibuka pada bulan November 2020. Menariknya, respon dari masyarakat yang tertarik bergabung melambung tinggi. Ojel ini nantinya akan bertugas menjemput limbah jelantah di wilayah maupun masyarakat yang sudah tergabung dalam Program #JelantahBawaBerkah T.Care, khususnya di DKI Jakarta.” Ungkap Hendra Ikhwan selaku Direktur Tunasmuda Care (T.Care) saat dimintai keterangan (22/12).

“Saya sebelumnya bekerja sebagai driver salah satu institusi. Selama masa PSBB karena Covid, saya dirumahkan. Alhamdulillah, sekarang tergabung sebagai Ojel. Ada pemasukan buat keluarga jadinya sekaligus bisa ajak masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungannya” cerita Hasan, Ojel T.Care dalam agenda Launching Program Ojel.

Ojel juga bertugas untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahaya penggunaan minyak goreng yang berulang ketika melakukan penjemputan limbah jelantah. Hal ini bertujuan agar masyarakat tergerak mengajak sesama untuk menjaga kesehatan dengan cara mendonasikan jelantah yang dimilikinya.

Launching Program Ojel dilakukan pada tanggal 22 Desember 2020 bertepatan dengan Hari Ibu Nasional yang mengangkat tema “Ibu Sang Pahlawan Lingkungan”. Peran Ibu inilah yang diapresiasi T.Care karena berdampak besar dalam menjaga lingkungan yang dimulai dari lingkup terkecilnya, yaitu keluarga (F).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *