Inilah Konsep Smart City dari 24 Kota di Indonesia

Inilah Konsep Smart City dari 24 Kota di Indonesia

0

Inilah Konsep Smart City dari 24 Kota di Indonesia

 

Kabupaten Siak 

Daerah yang menyandang gelar The Truly Malay memfokuskan program quick win pada layanan masyarakat, seperti alarm persalinan, e-Puskermas, dan e-Rumah Sakit. Mereka juga mencoba mengembangkan layanan perijinan online untuk mengakselerasi investasi dan industri pariwisata di sana.

Kabupaten Palalawan

Kabupaten Palalawan mengedepankan aplikasi SiPolan yag merupakan akronim dari Sistem Perijinan Online tersebut. Kini pelaku usaha yang ingin membuka usaha di Kabupaten Palalawan bisa melakukan secara online, bahkan disediakan PC khusus di kantor DPMSTP setempat, selain itu Kabupaten Palalawan memudahkan mayarakat untuk mendaftar di RSUD Selasih.

Kabupaten Banyuasin

Untuk membuat sistem pemilihan kepala desa yang transparan, Kabupaten Banyuasin memilih sistem e-voting sebagai program unggulan. Setelah melakukannya di 160 desa, tahun 2017 ini Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan e-voting di 48 desa dan 19 kecamatan secara serentak. Pemkab Banyuasin juga membuat portal Sapa Banyuasin sebagai wadah bagi warga berinteraksi dengan pemerintah.

Kota Jambi

Kota Jambi berhasil melibatkan partisipasi masyarakat melalui program Kampung Bantar (pembangunan tingkat RT berbasis gotong royong) serta Bangkit Berdaya (subsidi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur). Partisipasi masyarakat ditingkatkan melalui aplikasi SiKesal (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online).

Kota Tangerang

Untuk mewujudkan misi menjadi kota yang ramah bagi warga maupun bisnis, Pemerintah Kota Tangerang mengandalkan aplikasi Tangerang LIVE yang menjadi pusat berbagai layanan publik. Di akhir 2017, diharapakan ada 37 aplikasi yang akan diintegrasikan kesana. Salah satunya aplikasi SIP Puskesmas yang akan memudahkan warga untuk mengantre di layanan kesehatan milik pemerintah.

Kota Tangerang Selatan 

Program quick win yang dijalankan Pemkot Tangsel berfokus pada peningkatan kualitas layanan masyarakat. Contohnya Sistem Administrasi Kependudukan  (SIAK) online untuk mengurus dokumen kependudukan. Selain itu ada juga antrian online di RSUD.

Kota Bekasi

Program smart living seperti penambahan dan revitalisasi ruang publik. Program lainnya adalah pemasangan sensor kondisi lingkungan dan pengelolaan sampah terpadu

Kota Bogor

Prioritas Kota Bogor adalah melengkapi SIM RSUD yang sudah ada dengan sistem pengecekan ketersediaan kapasitas ruang rawat inap. selain itu ada SIM Puskesmas atau SIMPUS.

Kota Sukabumi

Sebagai kota yang didominasi oleh usaha jasa, Pemkot Sukabumi memiliki program bantuan modal usaha untuk UMKM sebagai salah satu quick win.

Kota Bandung 

Tercatat ada 48 quick win yang akan diwujudkan oleh Pemkot Bandung. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi BIMMA (Bandung integrated Manpower Management Application System) yang menyediakan pencari dan penyedia kerja di kota Bandung. Selain itu ada Moovit yang membantu warga merencanakan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Kabupaten Gresik

Sebagai kota industri, Pemkab Gresik berkomitmen menyediakan ekosistem bisnis yang nyaman. Salah satunya adalah Si Biling, aplikasi android untuk pelayanan pengujian laboratorium dengan jemput bola. Cara ini memangkas proses administrasi dan pengujian yang selama ini waktu yang lama dan bertele-tele.

Kabupaten Banyuwangi

Setelah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, Pemkab Banyuwangi membutuhkan sistem penarikan retribusi yang mudah dan tidak merepotkan pelaku usaha. Karena itulah Pemkab Banyuwangi memilih e-Retribusi sebagai program quick win. Selain menambah pendapatan, sistem retribusi yang mudah dan transparan juga mendidik warga untuk mematuhi aturan.

Kabupaten Bojonegoro

Sebuah program yang diberi nama Sagasih (Sapa Keluarga dengan Kasih) ditetapkan sebagai salah satu quick win Kabupaten Bojonegoro. Dengan tujuan memantau kesehatan warga yang sedang sakit. Quick Win lain adalah pembangunan seribu embung dan mewajibkan perusahaan untuk membuat biopori pada luasan tertentu.

Kabupaten Sidoarjo

Andalannya Berkas Mlaku Dhewe (BMW). Warga cukup datang ke kantor desa untuk mengurus dokumen yang diperlukan, tidak perlu lagi ke KEcamatan untuk mengurus dokumen kependudukan seperti KTP dan IMB.

Kota CIrebon

“CIrebon Brojol Aja Kelalen” (akte lahir langsung jadi kalau lapor melalui online), Cirebon Lengko (pendaftaran online pasien di RSUD Gunung Jati)

Kota Semarang

Kota Semarang memiliki enam program quick win, salah satunya fasilitas Pusat Informasi Publik (PIP). Fasilitas ini dibangun untuk memudahkan masyarakat untuk  mendapatkan informasi tentang Kota Semarang, sekaligus menyediakan tempat berkumpulnya komunitas yang ingin melaksanakan pertemuan.

Kabupaten Sleman

Ada 3 quick win yang siap diimplementasikan di Kabupaten Sleman, salah satunya adalah penerapan Satu Data UMKM Sleman. Selain itu ada rumah kreatif Sleman yang menjadi wadah pembelajaran terkait design, pemasaran, hingga e-commerce.

Kabupaten Badung

Aplikasi SITA yang menyediakan informasi obyek wisata, hotel, agrotourism, kuliner serta tempat penting yang dibutuhkan wisatawan.

Kabupaten Lombok Timur

Si Pepadu atau Aplikasi Pengaduan Masyarakat, aplikasi ini akan terus dimonitor tiap OPD sehingga pengajuan bisa lengsung ditindaklanjuti.

Kabupaten Kutai Kertanegara

Salah satu program quick win yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara adalah smart parking untuk mengelola sistem perparkiran di obyek wisata. Termasuk di dalamnya adalah program pendataan jumlah pengunjung untuk memudahkan Pemkab melakukan kebijakan di masa depan.

Kabupaten Mimika

Adanya sistem kependudukan yang terintegrasi antar distri dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Kota Makasar

Program Restorasi Lorong atau Lorong Garden (Longgar) menjadi salah satu program quick win di negeri angin mamiri ini.Melalui program ini lorong lorong gang di Makassar dihiasi dengan pohon hidroponik. Dengan harapan menjadi Smart Society yang membuat area yang dulunya kumuh menjadi sarana interaksi.

Kabupaten Tomohon

SiCantik merupakan Aplikasi Cerdas Layanan Terpadu. mengintegrasikan layanan perijinan , aduan,dan informasi dalam satu kesatuan, selain itu ada pemusatan data kesehatan masyarakat yang terintegrasi.

Kabupaten Samarinda

Untuk mendukung pilar smart branding, Pemkab Samarinda memilih revitalisasi Kawasan Citra Niaga sebagai salah satu quick win.

Sumber: Majalah InfoKomputer Edisi Desember 2017

Terima kasih sudah membaca “Inilah Konsep Smart City dari 24 Kota di Indonesia“, semoga bermanfaat.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.