Dr Andani Bantu Tingkatkam Kapastias Labkesda Surabaya

Dr Andani Bantu Tingkatkam Kapastias Labkesda Surabaya

Dr Andani Bantu Tingkatkam Kapastias Labkesda Surabaya
0

Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, siap membantu Pemkot Surabaya dalam menangani penularan virus corona.

Hal itu disampaikan Dr.dr Andani Eka Putra selaku Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand. Menurutnya, di antara yang akan dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas pengujian di laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Surabaya.

“Salah satu solusi yang kita rancang adalah Labkesda Surabaya itu kita aktifkan dengan target se-optimal mungkin. Paling tidak pada akhir Agustus Labkesda Surabaya bisa sampai 4.000 sampel per hari,” kata Andani.

Andani telah menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Sabtu (18/7/2020). Dia menyatakan, jika Labkesda Surabaya mampu menguji 4.000 sampel per hari otomatis jumlah angka positif di Surabaya juga akan meningkat.

“Tidak usah takut dengan jumlah positivity rate yang banyak, nanti sembuhnya juga cepat. Orang-orang tanpa gejala itu akan sembuh 14 hari. Dengan cara seperti itu, angka kematian turun otomatis, dan penyebaran di masyarakat berkurang,” terangnya.

Sembari menunggu pengembangan kapasitas pengujian di Labkesda, Dr. Andani mengatakan, sementara waktu sampel di Surabaya akan dikirim ke Lab di Unand, Kota Padang, Sumatera Barat.

“Untuk sampel (di Surabaya) itu, sementara akan dikirim ke Padang untuk pemeriksaan. Kapasitas di sana besar, bisa mengerjakan 3.000 per hari,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.