AMMPR Gelar Aksi Peduli Rohingya

0

Krisis kemanusiaan warga Rohingya di Myanmar, mengundang keprihatinan internasional termasuk di Mojokerto. Menanggapi persoalan tersebut,Aliansi Masyarakat Mojokerto Peduli Rohingya (AMMPR) menggelar aksi penggalangan dana, Kamis (14/9) di depan Pasar Tanjung Anyar, Mojokerto yang dimulai pada pukul 15.00 sore.

Menurut Wendi selaku Koordinator Lapangan, aksi ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada ribuan warga Rohingya yang terusir dari negara bagian Rakhine.

“Aksi penggalangan dana ini diikuti beberapa elemen masyarakat yang ada di Mojokerto diantaranya LMI, BSMI, PILAR, LP3 GERBANG, Mahasiswa, Pemuda dan beberapa ormas lainnya ” kata Wendi saat berlangsungnya aksi di depan Pasar Tanjung Anyar.

Sigit selaku Penanggungjawab acara menambahkan, dalam aksi kali ini dilakukan dengan longmarc dari pasar tanjung anyar hingga depan kantor Walikota Mojokerto. Disepanjang jalan  yang dilewati mulai dari pasar tanjung anyar, perempatan empunala dan berakhir di depan kantor walikota akan dilakukan penggalangan dana dan sebar brosur kepada masyarakat mojokerto yang kebetulan berada atau lewat disitu, sambungnya

Di akhir acara di Depan kantor Walikota Mojokerto akan dilakukan aksi treatikal, orasi dan pembacaan puisi dari perwakilan eleman pendukung acara, papar wendi

Puguh mewakili LMI Mojokerto mengatakan bahwa di setiap konflik yang berujung pada kekerasan massal, biasanya tidak disebabkan oleh faktor tunggal. Ia menilai, kepentingan-kepentingan lain sangat mungkin berkelindan di balik kasus tersebut.

“Dan sangat mungkin di balik konflik itu ada kepentingan ekonomi dan politik,” sambungnya.

Kendati demikian, Puguh menyebut langkah solidaritas kemanusiaan perlu diperluas agar etnis Rohingya dapat menemukan kembali harkat dan kedudukannya sebagai manusia yang merdeka tanpa penindasan. Dan Indonesia, bisa menjadi salah satu motor penggeraknya, sesuai amanat Pembukaan UUD RI 45, agar warga etnis Rohingya yang terusir dari negara bagian Rakhine itu bisa segera berakhir dan kembali daerahnya sehingga tercipta kedamaian.

Untuk itulah LMI mekakukan penggalangan dana dan akan diserahkan kepada warga rohingya yang mengungsi di Banglades, paparnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.